Jumat, 30 Maret 2012

Tips UN

Hallooo teman-teman kelas 12 dimanapun kalian berada. IPA, IPS maupun Bahasa, yang sedang pacaran, LDR, HTS, TTM, Backstreet, JOMBLO, dan semacamnya. Kalian pernah kan ngerasain SMA ? Dan ini sekuel cerita gue tentang masa SMA.
Masa SMA itu masa yang paling dikenang dan paling beuh. Ya, paling dikenang, kenapa? Karena pas kita SMA itu kita udah ± 17 tahun dan umur 17 adalah umur yang paling ditunggu sama orang-orang. Yeah  ‘sweet seventeen’ terus pamer KTP. Tapi gue gak mau bikin KTP buru-buru, karena menurut gue orang yang udah punya KTP itu udah tua. Dan gue belum mau tua, ya walaupun kita semua pasti tua sih, lagian gue juga belum cukup umur untuk bikin itu KTP. Jadi? Ngapain dibahaaaas.. . kembali ke topik awal, oke salah satu yang berhubungan dengan SMA adalah guru. Dan guru SMA terkeren versi gue adalah..... bapak Slamet Mulyono (prok..prok..prok). karena sepanjang jalan kenangan, gue baru nemuin guru seperti beliau. Pak slamet itu guru fisika gue di kelas 12, beliau orang yang perfeksionis. Kalau lagi ngajar, benda apapun yang ada di dekatnya pasti dipake. Beliau juga sering ngomong “nak, kalau kalian tidak mengerti tanyakanlah! bapak tidak lebih pintar dari kalian, bapak hanya lahir duluan, jadi bapak lebih tau”. Gue jadi mikir kalo Albert Einstein itu gak lebih pinter dari gue, dia hanya lahir duluan, jadi dia yang lebih tau (hehe).
Terus masa yang paling Beuh, tiada lain dan tiada bukan adalah soal pacaran. Siapa sih yang gak ngenang kisah cinta di SMA? Dan kenapa gue bilang paling beuh? Soalnya selama gue pacaran di SMA yang ada tuh galau terus.. pertamanya aja indah tapi lama-lama JLEB! JLEB! JLEB! Yasudahlah mungkin akan indah pada waktunya (cie......cie...ckck).
            Yasudahlah! daripada galau, mending mikirin UAN yang sudah bergentayangan seperti hantu. Gimana enggak kaya hantu?, UAN itu penentu kelulusan mereka, yang dilaksanakan kurang lebih 1 minggu perjalanan. Dan dalam perjalanan itu, antara galau dan belajar sepertinya tidak dapat dipisahkan dari dalam diri mereka. Hantu itu datang saat mereka mengerjakan soal. Soal yang mudah, bisa jadi amat sulit karena mereka gugup dan takut tidak lulus. Dan inilah cablakan tentang UAN versi gue :
1.    Adanya UAN membuat naiknya tingkat antusias para siswa untuk membuat planning belajar saat liburan.
Contoh :


           04.00                : bangun
           04.00 – 04.30    : Belajar mtk
sholat shubuh + break
            05.30 – 05.45    : Mandi
05.45 – 06.30    : Belajar IPA (fisika,kimia,biologi) 
Sarapan Pagi,Break,nonton doraemon
10.00 – 11.00    : Ngerjain soal-soal UAN apa aja.   
Dan seterusnya... 

                        Menjadi

04.00                : Bangun,(ntar! masih Pagi,15 menitan lagi) 
04.15                : belajar mtk, (mau  update status dulu)
Sholat shubuh + break
06.00                : Bawa anduk sambilliat spongebob
07.00 – 08.00    : mandi
08.00 – 09.30     : Belajar IPA, (O iya ada film Doraemon di negri awan) sambil sarapan 
11.00 – 11.30     : latihan soal, (ntar aja ah belajarnya! Mau tidur dulu, akunya capek abis liat film)
            Dan seterusnya...


Pada akhirnya planning yang mereka buat adalah GATOT (gagal total), kacau balau,dan berserakan dimana-mana. Hal yang mereka dapatkan adalah film doraemon, spongebob episode ke blablabla dan status mereka paling update.

2.    Mereka para siswa peserta UAN akan lebih rajin mengumpulkan soal-soal yang menurut mereka akan keluar di UAN 2012. Dan kenyataannya, mereka hanya membacanya sesekali, bila perlu. Bahkan hanya memandanginya penuh kegalauan.
“oh soal! Andaikan engkau mengerti apa yang ada di dalam isi hatiku. Ooohh”

3.    Setiap mereka berniat untuk belajar, mereka akan mengkhayal. Bahkan khayalan yang... Beuh! Contoh :
“gue mau baca buku cetak fisika dulu. (buka buku) Hukum I Newton, ah ini si newton kenepa harus bikin hukum segala sih. Coba kalo dulu gue hidup di zaman newton, kayanya gue akan ngebikin hukum ‘fisika itu semau lo! Ga usah ada hukum-hukumnya,ga usah mikir, bikin apa yang mau lo bikin’ bayangkan setelah gue ngeluarin hukum itu, dunia hancur!”
Mereka akan terus mengkhayal dan mengkhayal sampai waktu menunjukkan kehabisannya.
Kalau kalian mau tau perasaan gue, perasaan gue adalah sama seperti kalian. Kalau kalian pengen cepet-cepet lulus tanpa ada UAN, gue juga sama. Kalau kalian ngerasa pengen pinjem kantong ajaib doraemon, gue juga sama. Dan kalau kalian kebelet pipis pun, gue juga sama. Karena gue adalah peserta UAN 2012 sama seperti kalian. kita semua satu hati man! Kita harus SEMANGAT melawan UAN.

Dari cablakan-cablakan yang gue buat di atas gue akan ngasih tau kalian tentang persiapan yang gue buat dan tips-tips menghadapi UAN yang tentunya versi gue. Berikut adalah persiapan gue yang akan gue jadiin satu sekalian sama tips-tips nya okeh!! 

1.    Siapkan fisik kalian, jangan sampai sakit. Karena kalau sakit, ya tau sendiri lah kalau sakit gimana??. Ini yang gue lakuin: setiap minggu harus rajin gowes, ya gowes apa sajalah sepeda,becak sampai odong-odong. Dan itu gue lakuin pukul 04.30 pagi sampai gue menyerah. Sebelum tidur usahain minum susu, dan gosok gigi. Gak kebayang kan kalau lagi ngerjain soal UAN kalian sakit gigi. Beuh!!

2.     Belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari H. Itu akan membuat persiapan kalian lebih mantap dan tahan banting. Hindari SKS (sistem kebut semalam) karena akan membuat fikiran kalian tidak fresh pada saat ngerjain soal.

3.    Siapkan mental, cara berfikir positif dan optimis akan membuat mental kalian lebih kuat dalam menghadapi dan mengerjakan soal-soal UAN. Contoh:
“gila! Ini soal gampang-gampang banget. Sambil merem juga selese cuy!”(dalam hati: gila ya ni soal! maaamaa...susaah!)
Setidaknya kalian telah mencoba optimis untuk mengerjakan soal tersebut.

4.    Lakukanlah apa yang menurut kalian harus dilakukan. Ini salah satu solusi dari cablakan yang tadi gue bikin. Contohnya kalau kalian udah buat planning , lakukanlah! Please! Kenapa? karena sebuah planning pasti telah kalian fikirkan secara matang hingga berkali-kali. Sedangkan yang kalian lakukan di luar planning, dibuat tanpa berfikir panjang. Dan pada umumnya berakhir dengan penyesalan.

5.    Salah dua dari solusi cablakan gue tadi, kalau kalian udah berniat untuk belajar, ya belajar! Kalau kalian bosan, jangan ngehayal dan mikirin hal-hal yang gak penting. Untuk ngehindarin hal itu, kalian bisa bikin ‘sesuatu’ yang akan membuat diri kalian semangat untuk belajar. Pastinya kalian tidak asing mendengar kalimat “ Hidup adalah pilihan” ya! menurut gue hidup itu pilihan, pilihan apakah kalian akan menjadi Ki joko tidak pinter-pinter atau menjadi Leonardo da Vinci. Belajarlah jika kalian ingin seperti da Vinci. Pilihan antara kita mau naik getek atau naik roket. Malas lah dalam hal belajar jika kalian ingin naik getek. Pilihan apakah kita akan minum susu atau teh susu. Itu juga sebuah pilihan. Maka, jika kalian merasa bosan belajar, cobalah untuk membuat pilihan. 

6.    Perbanyaklah mendekatkan diri dan berdo’a kepada Yang Maha Kuasa, serta mintalah restu pada kedua orang tua kalian. Tapi mintanya jangan malak, mintalah secara baik-baik dari hati.

7.    Dan yang paling penting dari sebuah UAN dan merupakan penentu benar atau tidaknya sebuah jawaban adalah cara kita menghitamkan jawaban di atas bulatan-bulatan yang kecil. Ya, menghitamkan kadang dianggap sepele, tapi pengaruhnya... Beuh!. Bayangkan saja, jika siswa SMA terpintar se-Indonesia tidak lulus UAN. karena Untuk itu berlatihlah menghitamkan jawaban, kalau perlu setiap kalian melihat sebuah lingkaran, hitamkanlah menggunakan pensil 2B.

Kalau gue lulus,gue akan bilang “yes, gue lulus!” itu aja? Ya itu aja.Tapi, kalau gue gak lulus, sepertinya gue akan diem sembilan ratus sembilan puluh sembilan triliun bahasa . TAPI JANGAN SAMPE!! POKOKNYA GUE HARUS LULUS!  Karena abis itu gue mau kuliah di salah satu universitas di Indonesia  jurusannya adalah jurusan yang mudah-mudahan berguna bagi keluarga, RT/RW, kota, provinsi, pulau, bangsa, negara, benua dan dunia. Ya mudah-mudahan...do’akan saja
Oke pemirsa sekian dari saya. GOOD LUCK

Salam CCMM

@kikirizfiw

NB: kalau ada yang masih bingung sama sesuatu, tanya aja! Gue akan jawab dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar